Pandemi Covid-19 masih betah mengusik dunia. Berbagai upaya terus dilakukan agar segera dapat mengakhiri masa pandemi, juga agar pandemi tidak mencekik seluruh sektor kehidupan termasuk pendidikan.

Di tengah pandemi yang terus melaju, dunia pendidikan tetap harus terus mendapatkan perhatian agar tidak terdampak buruk. Tentu kita tidak menginginkan pandemi Corona mengancam dunia pendidikan.

Berbicara tentang dunia pendidikan adalah berbicara tentang ilmu pengetahuan. Di mana, sejak awal dunia dibentuk, ilmu pengetahun mengambil peran besar dalam menciptakan berbagai penemuan-penemuan penting demi kemaslahatan umat manusia.

Kementerian Pendidikan Indonesia semenjak adanya wabah COVID 19 dunia pendidikan agar pembelajaran tetap berjalan maka Bapak Menteri mengmabil kebijakan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

PJJ ini mendapatkan banyak respon baik dari pendidik, orang tua ataupun siswa itu sendiri. teraasuk dari hambatan dan tantanganya seperti tidak mempunyai Gawai, Gawai tidak support, ataupun penggunaan aplikasi yang tidak dimengerti oleh siswa ataupun guru.

Ada metode yang sangat menarik dan kreatif di salahsatu sekolah Swasta di Kabpuaten Indramayu, yakni di SMP Juara Wirautama. Dimana SMP Juara Wirautama melaksanakan PJJ menggunakan Radio komunitas yang dimana siswa yang berasal dari kecamatan wilayah sekolah semuanya terjangkau. banyak alasan yang sangat mendukung SMP Juara Wirautama melaksanakn PJJ menggunakan Radio Komunitas daintaranya:

Tidak memerlukan quota, tidak memerlukan HP yang canggih, akses mudah sehingga semua siswa cenderung bisa mengikuti.

PJJ dengan radio ini berbeda dengan pembelajaran tatap muka yang dilakukan sebelum masa pandemik untuk mengejar ketuntasan materi sesuai kurikulum. PJJ dengan radio ini sebagai sarana suplemen,  mengisi pembelajaran serta menekankan kompetensi literasi dan mendengarkan intensif semasa pandemik untuk peserta didik yang tidak dapat melakukan pembelajaran dengan tatap muka atau metode lain secara daring.

Tujuan lain PJJ dengan radio ini juga untuk membangun relasi yang lebih secara emosional dalam sebuah keluarga di tengah pandemi Covid-19. Relasi antara orang tua dengan anak perlu dibangun dengan maksimal supaya menumbuhkan hubungan yang lebih harmonis dalam keluarga dan mengeratkan relasi yang sudah terjalin secara emosional dalam keluarga melalui pendampingan orang tua/wali kepada anak dalam proses PJJ dengan radio.

Akhirnya PJJ  dengan radio ini menjadi salah satu solusi PJJ dimasa pandemi yang akan meningkatkan kompetensi yang menjadi tujuan serta menumbuhkan hubungan keluarga yang lebih erat lagi secara emosional yang akan bermuara pada pembentukan karakter peserta didik.